PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BAURAN PROMOSI “R” PT AIR MANCUR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI KOTA SURAKARTA

  1. Victoria Dian Kartikarini - Program Studi Ilmu Farmasi Minat Magister Manajemen Farmasi Industri
  2. Sampurno - Program Pascasarjana Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada
  3. Djoko Wahyono - Program Pascasarjana Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada

Dewasa ini persaingan pada industri obat herbal/jamu cenderung terus meningkat. PT Air Mancur sebagai peru-sahaan yang memproduksi jamu harus mampu bersaing dengan menyediakan produk jamu yang berkualitas dan dapat memuaskan keinginan konsumen. Dalam menghadapi persaingan tersebut, PT. Air Mancur selain harus mem-perhatikan kualitas produk juga perlu memiliki strategi bauran promosi (promotional mix) yang diimplementasikan secara tepat. Penelitian ini memilih Madurasa sebagai subjek yang diteliti karena Madurasa merupakan produk yang menghasilkan profitabilitas yang besar bagi PT. Air Mancur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kuali-tas produk dan bauran promosi Madurasa terhadap keputusan pembelian oleh konsumen di Kota Surakarta.
Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan bauran promosi terha-dap keputusan pembelian. Besar sampel yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan rumus Aaker and Day dengan tingkat kepercayaan 95% adalah 400 responden. Teknik penentuan sampel dengan desain non probability me-lalui prosedur pengambilan purposive sampling. Data dianalisis dengan metode regresi linier untuk mengetahui penga-ruh kualitas produk dan bauran promosi Madurasa terhadap keputusan pembelian oleh konsumen di Kota Surakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, iklan, dan personal selling berpengaruh terhadap keputusan pembelian Madurasa oleh konsumen di Kota Surakarta. Sedangkan Variabel promosi penjualan dan public relation tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian oleh konsumen di Kota Surakarta. Iklan mempunyai pen-garuh paling besar terhadap keputusan pembelian Madurasa oleh konsumen di Kota Surakarta

Info lebih lanjut Silahkan langganan edisi cetaknya... Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apapun itu adanya, komentar Anda kami harapkan demi kemajuan bersama... silahkan