PENGARUH PERSEPSI TENTANG ADVERTORIAL PRODUK KESEHATAN DI KORAN PADA SIKAP KONSUMEN

  1. Rika Melati - Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
  2. Basu Swasta Dharmmesta

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh persepsi tentang advertorial produk kesehatan pada sikap konsumen. Advertorial merupakan bentuk iklan yang ditulis dengan format editorial sehingga sulit dibedakan dengan berita yang sesungguhnya. Iklan memiliki tujuan akhir mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Salah satu prediktor dalam menentukan prilaku konsumen adalah dengan mempelajari sikap.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan populasi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang pernah membaca advertorial produk kesehatan di koran, sedangkan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi tentang advertorial produk kesehatan sebagai variabel tak tergantung serta respon kognitif dan afektif sebagai variabel tergantung. Semua variabel diukur menggunakan skala Likert. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang diberikan pada 170 responden. Uji validitas instrumen penelitian dengan Confirmatory Factor Analysis dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach’s, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tentang advertorial produk kesehatan berpengaruh positif secara signifikan pada respon kognitif dan respon afektif consumen. Pengaruh persepsi tentang advertorial produk kesehatan pada respon kognitif mahasiswa sebesar 21,3% sedangkan pengaruh advertorial produk kesehatan pada respon afektif sebesar 8,7% pada mahasiswa pembaca koran di UGM. Faktor-faktor lain, di luar persepsi pada advertorial, yang diperkirakan mempengaruhi sikap konsumen yaitu jenjang pendidikan, sikap pada merek yang telah dimiliki sebelumnya, dan tingkat keterlibatan individu.


Info lebih lanjut Silahkan langganan edisi cetaknya... Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apapun itu adanya, komentar Anda kami harapkan demi kemajuan bersama... silahkan