EVALUASI KUALITAS HIDUP PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 YANG DITERAPI RAWAT JALAN DENGAN ANTI DIABETIK ORAL DI RSUP Dr. SARDJITO

Rafika Mutia Sari 1, Jarir At Thobari 2, Tri Murti Andayani¹
1 Magister Manajemen Farmasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
2 Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Diabetes Mellitus tipe 2 merupakan suatu penyakit kronik yang tidak bisa disembuhkan secara total yang berakibat pada Health Related Quality Of Life (HRQOL). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas hidup pasien DM tipe 2 yang diterapi rawat jalan dengan antidiabetik oral di RSUP Dr. Sardjito berdasarkan faktor karakteristik pasien, jenis obat yang digunakan pasien dan pola terapi tunggal dibandingkan dengan pola terapi kombinasi.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan metode cross sectional. Data diambil secara concurrent yaitu dilakukan dengan wawancara dan mengumpulkan data dari rekam medik pasien. Subyek penelitian adalah pasien diabetes melitus tipe 2 yang memperoleh terapi antidiabetik oral, pasien yang berkunjung pada saat penelitian ini dilakukan dan bersedia mengisi kuesioner Diabetes Quality of Life Clinical Trial Quessionnaire (DQLCTQ).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor jenis kelamin, usia, durasi DM, pendidikan, status pernikahan, dan pekerjaan berpengaruh terhadap kualitas hidup. Pasien DM tipe 2 dengan terapi metformin skor kualitas hidupnya 67,9; akarbose skor kualitas hidupnya 67,7 dan sulfonilurea 67,6. Perbedaan ini berdasarkan uji anova dinilai tidak berbeda secara signifikan (p=0,298). Pasien dengan terapi ADO tunggal skor kualitas hidupnya 70,6 sedangkan pasien dengan terapi ADO kombinasi skor kualitas hidupnya 67,6 dan berdasarkan uji independent sample t-test perbedaannya dinilai berbeda secara signifikan (p=0,002). Analisis regresi linier dengan metode enter (p=0,049) menunjukkan bahwa perbedaan kualitas hidup antara kelompok terapi tunggal dan kombinasi dipengaruhi faktor karakteristik pasien.

Info lebih lanjut Silahkan langganan edisi cetaknya... Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apapun itu adanya, komentar Anda kami harapkan demi kemajuan bersama... silahkan