Prasojo Pribadi1), Basu Swastha Dharmmesta2)
1) Universitas Muhamadiyah Magelang
2) Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada
Kepercayaan terhadap merek suatu produk farmasi mempunyai peran
strategis dalam kaitannya dengan loyalitas konsumen terhadap suatu
merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi loyalitas merek pada konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan instrument
berupa kuesioner yang diisi oleh responden yang berjumlah 175 responden.
Desain pengambilan sampel cara nonprobabilitas. Analisis data dilakukan
uji hipotesis menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda.
Dari hasil uji hipotesis secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa
variabel kompetensi merek, kepercayaan terhadap perusahaan, dan reputasi
perusahaan terbukti berpengaruh positif pada kepercayaan merek,
kepercayaan merek terbukti berpengaruh positif pada loyalitas merek.
Dimensi brand characteristic dan company characteristic terbukti dapat
secara langsung berpengaruh positif pada loyalitas merek namun pengaruh
yang ditimbulkan lebih besar apabila melalui trust in brand terlebih
dahulu sebagai variabel yang memediasi sebagian hubungan antara variabel
brand characteristic dan company characteristic dengan variabel
loyalitas merek.
Kata kunci : loyalitas merek, karakteristik merek, karakteristik perusahaan, jamu tolak angin sidomuncul
Info lebih lanjut
Silahkan langganan edisi cetaknya...
Terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apapun itu adanya, komentar Anda kami harapkan demi kemajuan bersama... silahkan